Selasa, 27 Desember 2016

Resume Makalah Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar

Pemasaran sasaran meliputi tiga aktivitas segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan positioning pasar. Kita dapat membidik pasar pada empat lingkaran : segmen, ceruk, wilayah local dan individual. Segmen pasar adalah kelompok besar yang dapat diidentifikasikandi dalam sebuah paar. ceruk adalah kelompok yang didefinisikan secara lebih sempit. Globalisasi dan internet membuat pemasar ceruk lebih praktis bagi banyak pihak. Pemasar memenangkan pasar local melalui pemasaran akar rumput untuk wilayah perdagangan, lingkungan tempat tinggal dan bahkan took individual.
Ada dua dasar untuk mensegmentasi pasar konsumen:karakteristik konsumen dan respon konsumen. Variabel segmentasi utama untuk pasar konsumen adalah: Segmentasi Geografis, Segmentasi Demografis, Segmentasi Psikografis, dan Segmentasi Tingkah Laku.
Tidak semua skema segmentasi bermanfaat. Agar dapat berguna, segmen-segmen pasar haruslah menilai berdasarkan lima criteria utama:
1.         Dapat diukur. Ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur
2.        Besar . segmen cukup besar dan menguntungkan untuk dilayanisegmen tersebut harus merupakan kelompok homogen terbesar yang paling mungkin, yang berharga sehingga memungkinkan diraih dengan program pemasaran yang dirancang khusus.
3.         Dapat diakses. Segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
4.        Dapat dibedakan. Segmen – segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap unsure dan program bauran pemasaran yang berbeda.
5.        Dapat dilaksanakan. Program – program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.
Setelah perusahaan mengidentifikasi peluang – peluang segmen pasarnya, ia harus mengevaluasi beragam segmen dan memutuskan berapa banyak dan segmen mana yang akan dibidik. Ini membuat beberapa pariset pasar membela pemdekatan segmentasi pasar berbasis kebutuhan.

Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda, perusahaan harus memerhatikan dua factor yakni, daya tarik segmen secara keseluruhan serta tujuan dan sumber daya perusahaan. Setelah mengevaluasi segmen-segmen yang berbeda, perusahaan dapat mempertimbangkan lima pola pemilihan pasar sasaran seperti:
(1)Konsentrasi Segmen Tunggal. Melalui pemasaran yang terkonsentrasi, perusahaan mendapatkan pengetahuan yang kuat tentang kebutuhan segmen dan meraih posisi pasar yang kuat di segmen tersebut. (2)Spesialisasi Selektif. Perusaan memiliki sejumlah segmen secara objektif, masing-masing segmen menarik dan memadai. (3)Spesialisasi Produk. Perusahaan menghasilkan produk tertentu yang dijualnya ke beberapa segmen. (4)Spesialisasi pasar. Perusahaan berkonsentrasi untuk melayani berbagai kebutuhan kelompok pelanggan tertentu. (5)Cakupan Pasar Penuh. Perusahaan berusaha melayani seluruh kelompok pelanggan dengan menyediakan semua produk yang mungkin mereka butuhkan.


Dua pertimbangan lain yang harus diperhitungkan dalam mengevaluasi dan memiilih segmen adalah rencana serangan segmen demi segmen, dan pilihan etika atas pasar sasaran. Rencana Serangan Segmen demi Segmen. Perusahaan dianggap bijaksana jika memasuki satu segmen pada waktu tertentu tanpa menyingkapkan rencana ekspansi totalnya. Megamarketing adalah koordinasi strategis keahlian ekonomi, psikologis, polotik, dan hubungan masyarakat untuk mendapatkan kerja sama dari sejumlah pihak guna memasuki atau beroperasi di pasar tertentu. Pilihan Etika Target Pasar. Pembidikan pasar sasaran kadang-kadang menimbulkan pertentangan pendapat di masyarakat. Public prihatin jika pemasar memperdaya kelompok yang rentan (seperti anak-anak) atau kelompok yang tidak mampu (seperti penduduk miskin ditengah kota), atau mempromosikan produk yang berpotensi mencelakakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar