Minggu, 01 Januari 2017

Makalah Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan (I/II)

Sistem Informasi Pemasaran Modern
Beberapa perusahaan telah mengembangkan sistem informasi pemasaran yang memberikan rincian yang mendalam kepada manajemen tentang keinginan, preferensi, dan perilaku pembeli.  Seorang manajer pemasaran memang harus meneliti lingkungan luar, namun juga memiliki tanggung jawab utama untuk mengidentifikasi perubahan pasar yang signifikan. manajer pemasaran memiliki dua keunggulan yaitu mempunyai metode disiplin untuk mengumpulkan informasi pemasaran dan mereka lebih dekat dengan pelanggan. Perusahaan yang memiliki keunggulan informasi menikmati keunggulan kompetitif, antara lain keunggulan yang diperoleh :

  1. Memilih pasar yang lebih baik 
  2. Mengembangkan penawaran yang lebih baik 
  3. Melaksanakan perencanaan pemasaran yang lebih baik 

MIS (Marketing Information System) terdiri dari orang, peralatan, prosedur yang diperlukan untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, mendistribusikan, secara tepat waktu dan akurat bagi pengambil keputusan pemasaran.

Catatan Internal dan Intelijen Pemasaran
Catatan Internal : Manajer pemasaran mengandalkan laporan internal pesanan, penjualan, harga, biaya, tingkat persediaan, piutang, utang, dst. Dengan menganalisis informasi ini, mereka dapat menemukan berbagai peluang dan masalah penting.

Siklus Pesanan sampai Pembayaran 
Inti sistem pencatatan internal adalah siklus pemesanan sampai pembayaran. Perwakilan penjualan, penyalur, dan pelanggan mengirimkan pesanan ke perusahaan. Departeman penjualan menyiapkan tagihan, mengirim salinan ke berbagai departemen, dan memesan ulang barang yang habis. Barang yang dikirim ini menghasilkan dokumen pengiriman dan penagihan yang dikirim ke berbagai departemen.

Sistem Informasi Penjualan 
Manajer pemasaran memerlukan laporan yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan yang terkini. Perusahaan yang pandai memanfaatka “cookies” catatan penggunaan situs web yang disimpan di browser pribadi, merupakan pengguna pemasaran terbidik yang cerdik. Gadget teknologi mengubah sistim informasi penjualan dan memungkinkan wiraniaga mempunyai informasi terbaru dari detik ke detik. Perusahaan harus menerjemahkan data penjualan secara hati-hati agar tidak menarik kesimpulan yang salah.

Database, Gudang Data dan Penggalian Data
Saat ini perusahaan mengelola informasi mereka kedalam database pelanggan, database produk, database wiraniaga dan kemudian mengubah data dari berbagai database menjadi informasi. Perusahaan menyimpan data-data dan mengubahnya kedalam bentuk yang lebih mudah untuk diakses oleh pengambil keputusan.

Sistem Intelijen Pemasaran
Sistem intelijen pemasaran (marketing intelligence system) adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan manajer untuk mendapatkan informasi harian tentang berbagai perkembangan dalam lingkungan pemasaran. Sistem ini dilakukan dengan membaca buku, surat kabar, dan publikasi dengan; berbicara dengan pelanggan, pemasok, dan distributor; mengamati “media sosial” di internet malalui kelompok diskusi online, daftar e-mail dan blog; dan melakukan pertemuan dengan manajer perusahaan lain. Berikut merupakan langkah yang dapat ditempuh perusahaan untuk meningkatkan kualitas intelijen pemasarannya.
1.Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan baru. Perusahaan harus “menjual” tenaga penjualannya berdasarkan arti penting mereka sebagai pengumpul intelijen.
2.Memotivasi distributor, pengecer, dan perantara lain untuk menyampaikan intelijen yang penting. Banyak prusahaan mempekerjakan sesialisasi untuk mengumpulkan intelijen pemasaran.
3.Membentuk jaringan eksternal. Perusahaan dapat membeli produk pesaing; menghadiri open house dan pameran dagang; membaca laporan terbitan pesaing; menghadiri rapat pemegang saham, berbicara dengan karyawan, penyalur, distributor, pemasok, dana gen pengiriman; mengumpulkan iklan pesaing; dan mencari cerita baru tentang pesaing.
4.Membentuk panel penasihat pelanggan. Anggota dapat meliputi perwakilan pelanggan atau pelanggan terbesar perusahaan atau sebagian besar pelanggan yang jujur dan canggih.
5.Memanfaatkan sumber daya data pemerintah.
6.Membeli informasi dari pemasok luar. Contoh pemasuk data terkenal meliputi AC. Nielsen Company dan Information Resources Inc.
7.Menggunakan system umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelijen kompetitif.

Dewan peninjau pelanggan, forum diskusi, ruang chatting, dan blog dapat mendistribusikan penilaian produk atau pemasok yang dilakukan pelanggan hingga sejumlah besar pembeli potensial lain dan, tentu saja, bagi pemasar yang mencari inormasi tentang persaingan.
Terdapat lima cara yang dapat digunakan untuk menemukan informasi online, yaitu:
1.Forum tinjauan dan jasa pelanggan independen. Forum independen meliputi situs-situs Web seperti Epinions.com, Rateital.com, Consumerreview.com, dan Bizrate.com.
2.Situs umpan balik distributor atau agen penjualan. Amazon.com merupakan situs umpan balik yang memberikan peluang bagi pembeli, pembaca, editor, dan banyak pihak dapat meninjau semua produk yang tercatat di situs tersebut.
3.Situs Combo menawarkan tinjauan pelanggan dan pendapat ahli. Situs kombinasi dikonsentrasikan pada layanan keuangan dan produk teknologi tinggi yang memerlukan pengetahuan profesional.
4.Situs keluhan pelanggan. Forum keluhan pelanggan dirancang terutama untuk pelanggan yang tidakpuas. Planeteedback.com memungkinkan pelanggan menyuarakan pengalaman tidak menyenangkan dengan perusahaan tertentu.
5.Blog publik. Puluhan juta blog dapat ditemukan di internet dan jumlah mereka terus bertambah. Beberapa perushaan menganalisis blog dan jaringan sosial untuk memberikan pandangan kepada perusahaan tentang sentiment konsumen.

Menganalisis Lingkungan Makro
1.Kebutuhan dan Tren
a.Fad adalah sesuatu yang tidak dapat diperkirakan, berumur pendek, dan tanpa signifikan sosial, ekonomi, dan politik.
b.Tren (trend) adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai memontem dan durabilitas. Tren mengungkap bentuk masa depan dan memberikan banyak peluang.
c.Megatren (megatrend) digambarkan sebagai perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lembat terbentuk, dan setelah terjadi perubahan itu mempengaruhi kita untuk sementara waktu.

Baca Juga : Makalah Mengumpulkan Informasi dan Memindai lingkungan (II/II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar