Minggu, 05 Maret 2017

Makalah Area Masalah Luas dan Mendefinisikan Pernyataan Masalah (II/II)

D. Proposal Penelitian
Sebelum adanya penelitian dilakukan, harus ada persetujuan antara seseorang yang memberi kuasa dan peneliti untuk masalah yang akan diteliti, metodologi yang akan digunakan, durasi penelitian dan biaya. Hal ini menjamin tidak adanya kesalahpahaman atau kekecewaan kemudian disalah satu pihak. 

Proposal peneliti disusun oleh peneliti adalah hasil dari hal yang terencana, terorganisir, dan kerja yang hati-hati, dan pada dasarnya mengandung hal berikut:

1. Judul

2. Latar Belakang Penelitian, 
Latar belakang penelitian berisi hal-hal yang mendorong penelitian akan dilaksanakan. Dalam latar belakang perlu dijelaskan mengapa masalah penting untuk diteliti. Sebaiknya perlu diuraikan adanya kerugian apa yang akan terjadi bila permasalahan tersebut dibiarkan dan juga keuntungan yang diperoleh apabila masalah tersebut diteliti. Perlu dijelaskan dengan baik masalah apa yang akan dipecahkan melalui penelitia, sehingga dapat dipahami dengan jelas permasalahan yang akan diteliti. Untuk mendukung penjelasan pada latar belakang, peneliti perlu menyajikan data-data pendukung, identifikasi kesenjangan-kesenjangan yang ada antara kondisi nyata dengan kondisi ideal, serta dampak yang ditimbulkan oleh kesenjangan itu, kaitan antara fakta fakta dan pengentahuan yang ada dengan penelitian yang akan dilaksanakan. Melalui analisis ini peneliti kemudian menunjukan adanya suatu penyimpangan yang ditujukkan dengan data dan menuliskan mengapa hal tesebut perlu diteliti.

3. Pernyataan Masalah:

a. Tujuan Penelitian
Berisi tujuan yang akan dicapai dalam penelitian. Peneliti dapat menuliskan tujuan secara spesifik yang diharapkan dapat dicapai dari kegiatan penelitian. Namun tujuan ini dibedakan menjadi dua bagian, tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum, dijelaskan secara garis mengenai pengetahuan yang akan diperoleh bila penelitian telah dilakukan, sedangkan penelitian khusus diuraikan masing-masing hal yang berkaitan dengan tujuan umum atau menjelaskan apa saja yang harus diperoleh terlebih dahulu agar tujuan umum dapat dicapai. 

b. Pertanyaan Penelitian
Inti dari sebuah penelitian adalah karena adanya masalah yang perlu diatasi, ada fenomena yang belum diketahui dan penting untuk diketahui. Hal ini dirumuskan dengan membuat pertanyaan peneliitian yang akan dijawab penelitian.

4. Lingkupan studi

5. Relevansi Penelitian’

6. Desain penelitian, menawarkan rincian tentang:
a. Tipe penelitian : Eksplorasi, deskripsi atau kasual
b. Metode pengumpulan data
c. Rancangan sampling
d. Analisis data

7. Kerangka waktu penelitian, termasuk informasi tentang kapan laporan tertulis akan diserahkan kepada para sponsor

8. Biaya, rincian biaya yang mengacu item tertentu dari pengeluaran

9. Daftar pustaka

E. Implikasi Manajerial
Manajer terkadang melihat gejala dalam situasi yang problematic dan memperlakukannyaseolah merupakan masalah riil, mejadi frustasi ketika solusi mereka tidak berhasil. Mencari informasi yang relevan untuk menemukan masalah yang sebenarnya adalah perlu untuk menunjukkan dengan tepat. 

Masukan manajer membantu peneliti untuk mendefinisikan bidang masalah yang luas dan mengonfirmasi teori mereka mengenai faktor-faktor situasional yang mempengaruhi masalah utama. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, manajer dapat mengetahui bagaimana bisnis yang serupa bergulat dengan situasi yang mirip dan memperoleh pemahaman yang lebih baik untuk menangani persoalan yang diahadapi.

F. Isu Etis dalam Tahap Investigasi Awal
Setelah sebuah masalah dirasakan dan diputuskan, perlu memberitahu semua karyawan terutama mereka yang akan diwawancara. Tidak perlu menyampaikan alasan penelitian yang sebenarnya kepada mereka. Memberitahu bahwa penelitian yang dimaksudkan untuk membantu mereka dalam lingkungan kerja akan mendorong kerja sama. Penting pula untuk meyakinkan karyawan bahwa respons individu akan dirahasiakan. Usaha untuk mendapatkan informasi melalui cara-cara tipuan sebaiknya dihindari apapun alasannya, karena hal tersebut akan menimbulkan ketidakpercayaan dan kegelisahan. Perusahaan berhak untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, dan karyawan mempunyai hak privasi dan kerahasiaan. Namun kerja sama dari responden menjamin informasi yang baik.

Baca Juga : Makalah Area Masalah Luas dan Mendefinisikan Pernyataan Masalah (I/II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar