Jasa/layanan adalah setiap
tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang
pada intinya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Jasa
dapat dikaitkan dengan produk fisik, tetapi bisa juga tidak dikaitkan.
Jasa bersifat tidak berwujud, tak
terpisahkan, bervariasi, dan dapat musnah. Setiap karakteristik mempunyai
tantangan dan memerlukan strategi tertentu. Pemasar harus menemukan cara untuk
memberikan wujud pada hal yang tak berwujud; meningkatkan produktivitas
penyedia jasa; meningkatkan dan menstandardisasikan kualitas jasa yang
disediakan
Untuk menetapkan merek organisasi
jasa secara efektif, perusahaan harus mendiferensiasikan mereknya melalui fitur
jasa primer dan sekunder serta mengembangkan strategi merek yang tepat. Program
penetapan merek yang efektif untuk jasa sering menerapkan berbagai elemen
merek. Mereka juga mengembangkan hierarki merek dan portofolio serta menerapkan
dimensi citra untuk memperkuat atau melengkapi penawaran jasa.
Bahkan perusahaan berbasis produk
harus menyediakan layanan purnajual. Untu; dan menyesuaikan pasokan jasa dengan
permintaan pasar. Untuk memberikan dukungan terbaik, produsen harus
mengidentifikasi jasa yang paling dihargai pelanggan dan arti penting relative
jasa tersebut. Bauran jasa meliputi layanan prajual (memfasilitasi dan layanan
penambahan nilai) dan layanan purnajual (departemen layanan pelanggan, layanan
perbaikan dan permeliharaan).
Pada masa lalu, industry jasa
tertinggal di belakang perusahaan manufaktur dalam menerapkan dan menggunakan
konsep dan alat pemasaran, tetapi situasi itu kini sudah berubah. Pemasaran
jasa harus dilakukan secara holistic: Pemasaran jasa tidak hanya memerlukan
pemasaran eksternal tetapi juga pemasaran internal untuk memotivasi karyawan,
dan pemasaran interaktif untuk menekankan arti penting “teknologi tinggi” dan
“sentuhan tinggi”. Harapan pelanggan memainkan peran penting dalam pengalaman
dan penilaian jasa mereka. Perusahaan harus mengelola kualitas jasa dengan
memahami dampak dari setiap pertemuan jasa.
Perusahaan jasa terkemuka sangat
ahli dalam praktik-praktik berkut: konsep strategis, sejarah komitmen manajemen
puncak terhadap kualitas, standar yang tinggi, teknologi swalayan, sistem
pengamatan kinerja jasa dan keluhan pelanggan, dan penekanan pada kepuasan
karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar