Jumat, 30 Desember 2016

Resume Makalah Merancang dan Mengelola Jasa

Jasa/layanan adalah setiap tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang pada intinya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Jasa dapat dikaitkan dengan produk fisik, tetapi bisa juga tidak dikaitkan.
Jasa bersifat tidak berwujud, tak terpisahkan, bervariasi, dan dapat musnah. Setiap karakteristik mempunyai tantangan dan memerlukan strategi tertentu. Pemasar harus menemukan cara untuk memberikan wujud pada hal yang tak berwujud; meningkatkan produktivitas penyedia jasa; meningkatkan dan menstandardisasikan kualitas jasa yang disediakan
Untuk menetapkan merek organisasi jasa secara efektif, perusahaan harus mendiferensiasikan mereknya melalui fitur jasa primer dan sekunder serta mengembangkan strategi merek yang tepat. Program penetapan merek yang efektif untuk jasa sering menerapkan berbagai elemen merek. Mereka juga mengembangkan hierarki merek dan portofolio serta menerapkan dimensi citra untuk memperkuat atau melengkapi penawaran jasa.
Bahkan perusahaan berbasis produk harus menyediakan layanan purnajual. Untu; dan menyesuaikan pasokan jasa dengan permintaan pasar. Untuk memberikan dukungan terbaik, produsen harus mengidentifikasi jasa yang paling dihargai pelanggan dan arti penting relative jasa tersebut. Bauran jasa meliputi layanan prajual (memfasilitasi dan layanan penambahan nilai) dan layanan purnajual (departemen layanan pelanggan, layanan perbaikan dan permeliharaan).
Pada masa lalu, industry jasa tertinggal di belakang perusahaan manufaktur dalam menerapkan dan menggunakan konsep dan alat pemasaran, tetapi situasi itu kini sudah berubah. Pemasaran jasa harus dilakukan secara holistic: Pemasaran jasa tidak hanya memerlukan pemasaran eksternal tetapi juga pemasaran internal untuk memotivasi karyawan, dan pemasaran interaktif untuk menekankan arti penting “teknologi tinggi” dan “sentuhan tinggi”. Harapan pelanggan memainkan peran penting dalam pengalaman dan penilaian jasa mereka. Perusahaan harus mengelola kualitas jasa dengan memahami dampak dari setiap pertemuan jasa.

Perusahaan jasa terkemuka sangat ahli dalam praktik-praktik berkut: konsep strategis, sejarah komitmen manajemen puncak terhadap kualitas, standar yang tinggi, teknologi swalayan, sistem pengamatan kinerja jasa dan keluhan pelanggan, dan penekanan pada kepuasan karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar