Sabtu, 10 Desember 2016

Makalah Aplikasi Sistem Teknologi Informasi di Level-Level Organisasi (3/3)

Sistem Informasi Eksekutif 

Sistem informasi eksekutif (SIE) atau executive information system (EIS) adalah sistem informasi yang digunakan oleh manajer tingkat atas untuk membantu pemecahan masalah yang tidak terstruktur (unstructured). 

Secara umum, SIE tidak hanya berbeda dengan SPK, tetapi juga berbeda dengan sistem informasi lainnya, karena SIE mempunyai karakteristik yang khusus. Karakteristik dari SIE adalah sebagai berikut : 
1) Dirancang untuk eksekutif puncak
2) Menggunakan data internal dan eksternal
3) Untuk pemecahan tidak terstruktur 
4) Untuk membantu perencanaan dan perumusn stratejik.
5) Digunakan secara online oleh eksekutif.
6) Mempunyai kemampuan untuk mengambil dan menyaring data.
7) Mempunyai kemampuan untuk mengambil dan menggali data sampai ke data terkecil.
8) Harus mudah digunakan
9) Menggunakan teks, grafik dan table yang mudah dicerna.
Jaringan Neural Artifisial
Jaringan Neural Artifisial: jaringan neural buatan yang mencoba meniru jaringan neural manusia. Perancangan jaringan ini diilhami dengan struktur dari otak manusia.
 Sistem Otomatisasi Kantor
Sistem otomatisasi kantor (dalam bahasa Inggris: Office Automation disingkat OA) didefinisikan sebagai sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan, dokumen, dan komunikasi elektronik lainnya antar individu, kelompok kerja dan organisasi.           
Otomatisasi kantor terdiri atas semua 
sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang beradan di dalam maupun di luar perusaahan. Orang yang berada dalam suatu kantor dapat menggunakan otomatisasi kantor untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di kantor lain dalam suatu perusahaan, atau dengan orang lain dalam kantor di perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar