Lingkungan
Pemasaran
Lingkungan
pemasaran perusahaan terdiri dari pelaku dan kekuatan diluar pemasaran yang
mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan
hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan yang berhasil
adalahperusahaan yang mengetahui pentingnya melakukan pengamatan secara terus
menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah itu. Lingkungan
pemasaran terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro.
Lingkungan
mikro (micro environment) terdiri dari pelaku yang dekat
dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani
pelanggannya, perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan,
pesaing dan masyarakat.
Lingkungan
makro terdiri dari kekuatan social yang lebih besar yang
mempengaruhi lingkungan mikro, kekuatan demografi, ekonomi, alam, teknologi,
politik dan budaya.
Lingkungan
Mikro Perusahaan
Perusahaan
Dalam
merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok lain
perusahaan, kelompok seperti manajemen puncak, keuangan, riset dan
pengembangan, pembelian, oprasi dan akuntansi. Semua kelompok ini membentuk
lingkungan, dan manajer pemasaran mengambil keputusan di dalam kerangka
strategi dan rencana yang dibuat oleh manajemen puncak.
Pemasok
Pemasok
membentuk hubungan penting dalam keseluruhan system penghantar nilai
perusahaan, mereka menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan
untuk menghasilkan barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi
pemasaran. Saat ini sebagian besar pemasar memperlakukan pemasok sebagai mitra
kerja dalam menciptakan dan menghantarkan nilai pelangg
Perantara
pemasaran
Adalah
organisasi yang membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan
mendistribusikan barang-barangnya ke pembeli akhir, perantara pemasaran
meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran,
dan perantara keuangan.
-
Penjual perantara : melakukan penjualan
pada pelanggan, contoh pedagang grosir dan pengecer
-
Perusahaan distribusi fisik : membantu
perusahaan menyimpan dan memindahkan barang-barangnya dari titik asalnya ke
tempat tujuan.
-
Agen jasa pemasaran : firma riset
pemasaran, agen periklanan, perusahaan media dan firma konsultan pemasaran
-
Perantara keuangan : meliputi bank,
perusahaan kredit, perusahaan asuransi dll.
Pelanggan
Ada lima jenis pasar
pelanggan :
-
Pasar konsumen : terdiri dari
perseorangan dan keluarga
-
Pasar bisnis : membeli barang dan jasa
untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk diginakan dalam proses produksi mereka
-
Pasar penjual perantara : membeli barang dan jasa untuk dijual kembali
-
Pasar pemerintah : terdiri dari badan-badan pemerintah yang
membeli barang dan jasa guna menghasilkan pelayanan umum.
-
Pasar internasional : terdiri dari pembeli di Negara lain.
Pesaing
Pemasar
harus melakukan lebih dari sekedar menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumen,
mereka juga harus meraih manfaat strategis dengan menempatkan penawaran mereka
secara kuat menghadapi penawaran pesaing dalam pikiran konsumen.
Masyarakat
Masyarakat
adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau
pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.
-
Masyarakat keuangan : mempengaruhi
kemampuan perusahaan untuk mendapatkan dana
-
Masyarakat media : membawa berita, fitur
dan opini editorial
-
Masyarakat pemerintah : pemasar harus
sering berkonsultasi dengan pengacara perusahaan tentang isu, kemanan produk,
kebenaran iklan dan lain lain
-
Masyarakat lembaga swadaya masyarakat
(LSM) : departemen hubungan masyarakat dapat membantu perusahaan tetap
berhubungan dengan konsumen dan kelompok LSM.
-
Masyarakat local : meliputi penduduk
suatu lingkungan
-
Masyarakat umum : perusahaan harus
memperhatikan prilaku masyarakat umum terhadap produk dan aktivitasnya.
LINGKUNGAN
MAKRO PERUSAHAAN
Perusahaan
dan semua perilaku lain beroperasi dalam kekuatan lingkungan makro yang lebih
besar yang membentuk peluang sekaligus menempatkan ancaman bagi perusahaan
LINGKUNGAN
DEMOGRAFIS
` Demografi adalah studi kependudukan
manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras,
lapangan kerja dan data statistik lain. Lingkungan demografis menjadi minat
utama pemasar karena menyangkut masyarakat dan masyarakat menyangkut pasar.
Perubahan
dalam lingkungan demografis dunia mempunyai implikasi besar bagi bisnis sebagi
contoh perhatikan China lebih dari seperempat abad yang lalu untuk
mengendalikan populasi yang meroket pemerintah China mengeluarkan peraturan
yang membatasi jumlah anak dalam keluarga menjadi satu anak saja
STRUKTUR
USIA POPULASI YANG BERUBAH
Sebuah
tren demografis yang paling penting di Amerika Serikat adalah struktur usia
populasi yang berubah. Populasi AS terdiri dari kelompok generasi. Disini, kita
membicarakan 3 kelompo terbesar yaitu: ledakan bayi (baby boomers), generasi X,
generasi Y, juga pengaruhnya pada strategi permasalahan saat ini
Ledakan
bayi (baby boomers)
Ledakan
bayi pasca perang dunia kedua menghasilkan 78 juta baby boomers dilahirkan antara tahun 1946 dan 1964. Sejak itu baby
boomers menjadi salah satu kekuatan terkuat yang membentuk lingkungan
pemasaran. Saat ini baby boomers berkisar antara 27% populasi, menghabiskan
sekitar $2,1 triliun setiap tahun dan memegang ¾ aset keuangan nasional. Diperkirakan
bahwa ketika generasi baby boomers terakhir berusia 65 pada tahun 2029,
generasi ini akan mengendalikan lebih dari 40% pendapatan pribadi nasional.
Sebagai
sebuah kelompok, baby boomers adalah kelompokAmerika yang paling kaya namun
memiliki kepribadian yang berbeda bedaada yang kaya dan ada boommers yang
kehidupannya sederhana. Boomers yang matang sedang memikirkan kembali tujuan
dan nillai pekerjaan, tanggung jawab, dan hubungan mereka. Ketika mereka
mencapai tahun-tahun pendapatan dan pengeluaran puncak, boomers membentuk pasar
yang menguntungkan untuk perumahan baru dan renovasi rumah, jasa keuangan,
perjalanan dan hiburan, makan diluar, kesehatan dan produk kebugaran, dll.
Kita
salah bila boomers mulai tua dan lambat. Boomers tidak memandang diri mereka
sendiri sebagai generasi yang mulai layu, mereka melihat diri mereka sendiri
dengan memasuki fase baru, bahkan mereka sering merasa lebih muda 7-10 tahun
dari usia sebenarnya.
Toyota
menyadari kehidupan boomers yang berubah ini. Iklan toyota High Lander
memperlihatkan boomers yang tinggal sendiriandan mendeklarasikan unkapan “untuk
kebebasan baru anda”.
Generasi
X
Baby
boomers diikuti oleh generasi “kekurangan bayi” , menciptakan generasi lain
sekitar 49 juta orang lahir antara tahun 1965-1976. Pengarang Douklas Copelan
menyebutkan generasi X karena mereka berada dibawah bayang bayang boomers dan
tidak memiliki karakter pembeda yang jelas. Orang lain menyebutnya “baby
Buster” atau “generasi yang terjebak di pertengahan”
Genrasi
X lebih banyak idefinisakan menurut pengalaman bersama mereka dan juga menurut
umurnya. Tingkat perceraian orang tua dan ibu bekerja yang semakin meningkat
membuat mereka menjadi generasi pertama anak-anak kesepian. Tumbuh selama
resesi dan penyusutan penyuluhan perusahaan, mereka mengembangkan pandangan
ekonomi yang lebih hati-hati. Mereka lebih peduli terhadap lingkungan dan
senang merespon perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial. meskipun
mereka mencari kesuksesan, namun mereka tidak materialistis, mereka lebih menghargai
pengalaman daripada hasil. Mereka adalah generasi romantis yang penuh
kehati-hatian dan mementingkan terhadap kepuasan kerja dan kualitas hidup yang
lebih baik. Gen X yang telah menjadi orang tua memprioritaskan keluarga
dibanding kariir.
Hasilnya,
Gen X adalah generasi yang skeptis. Memasarkan produk kepada mereka menjadi hal
yang sulit. Memberi tahu mereka bahwa anda baik adalah hal yang sulit, mereka
tidak berminat terhadap brosus berkilau yang memamerkan kekayaan. Generasi X
pernah disebut “generasi MTV” dan dipandang sebagai pemalas dengan tubuh
bertindik yang mengeluh tentang mcjobs sekarang gen X telah tumbuh dewasa dan
mulai mengambil alih. Gen X menggantikan gaya hidup, budaya, dan nilai
materialistis bagi boomers. Pada tahun 2010, mereka mengambil alih tempat baby
boomers sebagai pasar utama dihampir semua kategori produk . dengan begitu
banyak potensi, banyak perusahaan memusatkan perhatian pada gen X sebagai
segmen sasaran penting. Sebagai contoh pada industri perbankan .
Ketika
gen X melanjukan karir mereka, memulai keluarga, dan menetap pada satu
kepemilikan rumah, perbankan merespon dengan meluncurkan program pengelolaan
keuangan dikarenakan gen X mulai berfikir bagaimana mengelola dan menyimpan
keuangan mereka dengan baik untuk kebutuhan yang akan datang seperti untuk
membeli rumah, infrastruktur, dan program pendidikan anak mereka hingga
perguruan tinggi.
Generasi Y
Baik
baby boomers maupun generasi X suatu hari akan mewariskan uang untuk generasi
Y, (disebut juga ecoboomers). Lahir antara
tahun 1977 dan 1994 anak anak baby boomers ini sekarang berjumlah 76 juta
mengendalikan jumlah gen X yang hampir sama dengan jumlah segmen body boomers.
Ecoboomers telah menghasilkan pasar remaja dan orang dewasa muda yang besar.
Pengeluaran remaja saja telah meningkat 30 % dalam 8 tahun terakhir, naik
sampai $159 miliar per tahun.
Generasi Y yang
lebih tua sekarang telah lulus kuliah dan menapaki karir mereka. Seperti sejak
generasi X sebelumnya, salah satu karateristik unik generasi Y adalah kesepian
dan kenyamanan yang luar biasa terhadap teknologi komputer, digital, dan
internet.
Generasi
Y menjadi sasaran yang aktraktif untuk pemasar. Meskipun demikian untuk
mencapai segmen jenuh ini secara efektif, pesan yang akan disampaikan
memerlukan pendekatan pemasaran yang kreatif. Sebagai contoh popularitas
olahraga aksi dengan gen Y telah memberikan peluang pemasaran kreatif untuk
produk mulai dari pakaian, video games, bioskop, dan bahkan minuman.
Positioning montain dew yang unik dan tajam membuatnya tampak alami bagi
penggemar olahraga aksi. Tetapi lebih dari memperlihatkan snowborder,
skatcborder, dan peselancar diiklannya.
Baru baru ini
Toyota diam-diam mengadakan promosi firtual yang tidak biasa untuk scion yang
kecil dan boxy. Toyota membayar penempatan produk mobilnya di whyvile.net,
komunitas interaktif online yang hampir seluruh populasinya terdiri dari remaja
usia 8-15 tahun.
Keluarga
Amerika yang Berubah
Gambaran
keluarga ideal yang terdiri dari suami, istri, dan anak-anak sudah mulai hilang
di Amerika. Saat ini di Amerika, jumlah pasangan menikah dengan anak hanya
sebesar 23% dari 111 juta rumah tangga di seluruh negeri; pasangan menikah
tanpa anak sebesar 28%; dan orang tua tunggal sebesar 16%; 32% lainnya
merupakan rumah tangga nonkeluarga.
Jumlah
wanitan bekerja juga telah meningkat pesat, tumbuh di bawah 40% dari angkatan
kerja AS pada akhir 1950-an sampai sekitar 77% pada tahun 2000. Hal ini
meningkatkan jumlah bisnis penitipan anak dan konsumsi pakaian wanita karier,
jasa keuangan, dan makanan cepat saji serta jasa. Dream Dinners, Inc. merupakan
salah satu rantai waralaba nasional yang didirikan untuk mempermudah pekerjaan
wanita karier dalam menyediakan menu makan sehat bagi keluarganya.
Perubahan
Geografis dalam Populasi
Periode
ini merupakan periode perpindahana besar-besaran. Sepanjang dua dekade terakhir
populasi AS bergerak menuju negara-negara bagian Sabuk Matahari. Selain itu,
selama lebih dari satu abad, bangsa Amerika berpindah dari wilayah pedesaan ke
kota metropolitan. Fenomena ini menyebabkan terjadinya pergeseran budaya.
Perubahan tempat tinggal penduduk menyebabkan perubahan tempat kerja. Salah
satu perusahaan, yaitu FedEx Kinko menyediakan pelayanan kantor luar rumah. Di
sana, orang dapat dating untuk melakukan fotokopi, mengirim tugas kantor,
menerima faks, mengakses internet seperti yang biasa mereka lakukan di kantor.
fedEx Kinko menawarkam jalan keluar dari isolasi rumah kantor. Iklannya
menyatakan, “Kantor kami adalah kantor Anda”.
Populasi
Kerah Putih yang Lebih Terdidik dan Profesional
Populasi
AS mulai mempunyai tingkat pendidikan yang lebih baik. Sebagai contoh, pada
tahun 2004, 85% populas AS yang berusia di atas 25 tahun telah menyelesaikan
sekolah menengah atas dan 28% menyelesaikan kuliahnya. Jumlah penduduk terdidik
terdidik yang semakin meningkat akan menaikkan permintaan produk yang
berkualitas: buku, majalah, perjalanan, computer pribadi, dan jasa internet.
Angkatan
kerja kerah putih semakin banyak. Antara tahun 1950 dan 1985, proporsi pekerja
kerah putih meningkat dari 41% menjadi 54%, sedangkan pekerja kerah biru turun
dari 47% menjadi 33%. Saat ini pertumbuhan pekerja yang terkuat adalah pekerja
professional dan pertumbuhan terlemah adalah buruh pabrik.
Keragaman
yang Semakin Meningkat
Suatu
negara memiliki perbedaan dalam hal keragaman etnik dan ras. Amerika Serikat
sering disebut pot peleburan karena memiliki penduduk dari seluruh etnis dunia.
Populasi AS terdiri dari sekitar 67% orang kulit putih, 14,4% orang Hispanik,
dan 13,4% orang Afrika-Amerika, Asia-Amerika 4%, dan 1% orang Indian, Eskimo,
dan Aleut.
Kebanyak
beberapa perusahaan, menargetkan produk , iklan, dan promosi yang dirancang
khusus untuk satu atau lebih kelompok. Contohnya adalah Allstate yang bekerja
sama dengan Kang & Lee menciptakan kampanye pemasaran untuk satu kelompok
terbesar, yaitu Cina Amerika. Dengan mengubah bunyi slogan pada iklan kedalam
dialek Cina, diketahui bahwa dapat meningkatkan kesadaran Allstate pada
komunitas Cina Amerika.
Selain
itu, banyak perusahaan besar yang akhir-akhir ini mulai terang-terangan
membidik konsumen gay dan lesbian. Menurut Studi Simmons Research ditemukan
bahwa dibandingkan dengan penduduk rata-rata di Amerika, kemungkinan responden
gay yang memiliki pekerjaan professional 12 kali lebih besar. Hal ini
berpengaruh pada tingkat kebutuhan komunitas gay yang semakin tinggi.
Segmen
menarik lainnya adalah orang cacat yang jumlahnya hamper mencapai 60 juta orang
di Amerika Serikat yang mempresentasikan kekuatan pengeluaran tahunan sebesar
lebih dari $220 miliar. Pasar ini diketahui tumbuh saat baby boomers mulai
memasuki usia tua. Orang cacat menghargai produk yang berguna untuk mereka.
Ketika
populasi di Amerika Serikat semakin beragam, pemasar yang berhasil akan trus
mendiversifikasi program pemasaran mereka untuk meraih peluang dalam segmen
yang tumbuh pesat.
Lingkungan Ekonomi
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pasar yang kita
kenal sangat bergantung dengan faktor daya beli dan manusia. Tidak bisa
dipungkiri lagi bahwa pasar memerlukan kedua hal tersebut. Lingkungan ekonomi
(economic environment) terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli
dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan distribusi
pendapatan yang beragam. Sejumlah negara yang mempunyai ekonomi subsisten menawarkan
peluang pasar yang kecil.
Tingkat ekstrem yang lain adalah ekonomi industri. Negara
dengan ekonomi industri ini menghasilkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis
barang yang berbeda. Pemasaran harus memberikan perhatian penuh terhadap tren-tren utama
dan pola pengeluaran konsumen, baik lintas maupun di dalam pasar dunia mereka.
Berikut ini disajikan beberapa tren ekonomi utama di Amerika Serikat.
ü
Perubahan Pendapatan
Sepanjang
1990-an, konsumen Amerika menjadi konsumen yang sangat konsumtif, hal tersebut
didukung oleh pertumbuhan pendapatan, ledakan pasar saham, nilai perumahanyang
meningkat cepat, dan periode ekonomi yang baik lainnya. Dengan kebiasaan
konsumtif tersebut penduduk AS tidak dapat membatasi pengeluaran mereka yang
mengakibatkan pembekakan pada utang. Mengikuti peningkatan pendapatan di
sejumlah segmen, beban finansial pun merambat naik. Sekarang konsumen
menghadapi kewajiban membayar utang yang terjadi akibat pengeluaran
besar-besaran pada periode sebelumnya, pengeluaran rumah tangga dan keluarga
yang meningkat, serta tabungan untuk pembayaran uang masuk perguruan tinggi dan
masa pensiun.
Konsumen yang diperas secara finansial ini
harus menyesuaikan situasi keuangan mereka yang berubah dan lebih berhati-hati
dalam membelanjakan uangnya. Dalam hal ini pemasaran nilai telah menjadi kata
sandi untuk banyak pemasar. Daripada menawarkan kualitas pada harga tinggi atau
kualitas lebih rendah dengan harga yang sangat rendah, pemasar mencari cara
lain untuk menawarkan nilai yang lebih besar kepada pembeli yang secara
finansial lebih berhati-hati, kombinasi yang tepat adalah menawarkan kualitas
produk dan pelayanan yang baik pada harga yang wajar.
Dalam
hal ini pemasar harus memperhatikan distribusi pendapatan seperti halnya
pendapatan rata-rata. Distribusi di AS sendiri masih sangat timpang. Di bagian
atas terdapat konsumen kelas atas, ada kelas menengah, kelas pekerja, dan ada
pula kelas bawah. Oleh karena itu distribusi pendapatan dapat menciptakan pasar
yang berlapis.
ü
Mengubah Pola Pengeluaran Konsumen
Makanan,
perumahan, dan transportasi menyerap hampir semua pendapatanrumah tangga.
Meskipun demikian, konsumen pada tingkat pendapatan yang berbeda mempunyai pola
pengeluaran yang berbeda. Sejumlah perbedaan ini dicatat pada lebih dari satu
abad yang lalu oleh Ernst Engel, yang mempelajari cara orang mengubah
pengeluarannya ketika pendapatan mereka meningkat. Persentase pendapatan yang
dihabiskan untuk makanan menurun, persentase yang dihabiskan untuk perumahan
konstan (kecuali untuk saran utama seperti gas, listrik, dan pelayanan umum,
yang menurun), dan pada persentase yang dihabiskan untuk kebanyakan kategori
lain dan untuk peningkatan tabungan. Hukum Engel (Engel’s laws) secara umum
didukung oleh studi lanjut. Perubahan dalam variabel ekonomi utama seperti
pendapatan, biaya hidup, suku bunga, dan tabungan serta pola peminjaman
mempunyai dampak besar pada pasar. Perusahaan mengamati variabel-variabel
inidengan menggunakan ramalan ekonomi,. Bisnis tidak harus terhapus oleh
kelesuan ekonomi atau mengalami kelangkaan barang ketika sedang terjadi boom.
Dengan peringatan yang cukup, mereka dapat mengambil keuntungan dari perubahan
lingkungan ekonomi ini.
Lingkungan Alam
Lingkungan alam (natural
environment) meliputi sumber daya alam yang diperlukan sebagai masukan dari
pemasar atau sumber daya alam yang dipengaruhi boleh dekade terakhir. Pemasar
harus menyadari beberapa tren dalam lingkungan alam.
Tren yang pertama adalah kelangkaan bahan mentah yang
semakin meningkat. Udara dan air tampaknya adalah sumber daya alam yang tidak
dapat habis, akan tetapi kelompok lingkungan melihat bahaya jangka panjan.
Polusi udara menyesakkan banyak kota besar di dunia, dan kelangkaan air sudah
menjadi masalah besar di beberapa bagian Amerika Serikat dan dunia. Sumber daya
terdiri atas dua macam, yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumber
daya yang tidak dapat diperbaharui. Perusahaan penghasil produk yang memerlukan
sumber daya langka ini menghadapi peningkatan biaya yang besar, sekaliapun
bahan itu masih tersedia.
Tren lingkungan yang kedua adalah peningkatan polusi.
Kegiatan industri biasanya merusak kualitas lingkungan alam. Misalnya,
pengelolaan limbah industri yang kurang diperhatikan oleh perusahaan.
Pembuangan limbah secara sembarangan tanpa dikelola terlebih dahulu dapat
menyebabkan pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu ekosistem dan
kelestarian alam.
Tren yang ketiga adalah peningkatan intervensi pemerintah
dalam manajemen sumber daya alam. Pemerintah berbagai negara mempunyai beragam
tingkat kepedulian dan usaha dalam mempromosikan lingkungan yang bersih.
Harapan bersama kita adalah bahwa perusahaan di seluruh dunia mau mengemban
tanggung jawab sosial yang lebih besar, dan alat yang lebih murah untuk
mengendalikan dan mengurangi polusi dapat ditemukan.
Lingkungan Teknologi
Lingkungan teknologi (technological environment) mungkin
adalah kekuatan paling dramatis yang membentuk nasib kita saat ini. Teknologi
telah menciptakan benda-benda yang mengagumkan seperti antibiotik, pembedahan
robotik, alat-alat elektronik mini, komputer, laptop, internet, dan sebagainya.
Akan tetapi teknologi juga dapat menciptakan benda-benda yang bersifat horror
seperti rudal nuklir, senjata kimia, dan senapan otomatis. Teknologi juga
mencitakan produk seperti mobil, televisi, dan kartu kredit yang memiliki
dampak baik dan buruk sekaligus.
Lingkungan teknologi
berubah dengan cepat. Sekarang banyak sekali produk-produk baru yang tidak
tersedia pada 100 tahun yang lalu, atau bahkan 30 tahun yang lalu. Teknologi
baru akan menciptakan pasar dan peluang baru. Meskipun demikian setiap
teknologi baru selalu menggantikan teknologi lama. Ketika industri lama
menentang atau mengabaikan teknologi baru, bisnis mereka akan dipastikan
menurun. Oleh karena itu, pemasar harus memperhatikan dan mengamati lingkungan
teknologi dengan seksama. Perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan
teknologi akan segera menemukan bahwa produk mereka sudah ketinggalan jaman.
Mereka akan segera kehilangan produk baru dan peluang pasar.
Lingkungan
Politik (Political Environment)
Lingkungan
politik terdiri hukum, badan pemerintahan, dan kelompok LSM yang mempengaruhi
atau membatasi berbagai organisasi dan individu di dalam masyarakat tertentu.
Undang-undang
yang Mengatur Bisnis
Hampir
diseluruh Negara mempercayai bahwa sistem dapat bekerja dengan baik jika adanya
undang-undang yang yang berlaku meskipun minim. Undang-undang yang diterima
dengan baik dapat mendorong persaingan dengan memastikan pasar barang dan jasa
yang adil. Pemerintah menetapkan kebijakan publik untuk memandu perdagangan,
menetapkan hukum dan peraturan membatasi bisnis untuk kebaikan masyarakat
secara keseluruhan. Hampir semua kegiatan pemasaran tunduk pada hukum dan
peraturan.
Undang-Undang
yang Semakin Banyak Jumlahnya
Negara Amerika Serikat
mempunyai banyak hukum yang mencakup masalah-masalah seperti persaingan,
praktek perdagangan yang adil, perlindungan lingkungan, dll. Komisi Eropa telah
terlibat aktif dalam penentuan kerangka kerja hukum baru yang meliputi perilaku
persaingan, standar produk, tanggung jawab produk, dll, untuk Negara di Uni
Eropa. Selain itu, Norwegia melarang beberapa bentuk promosi penjualan—kupon
barang dagang, kontes, hadiah—sebagai cara promosi produk yang tidak layak atau
tidak jujur. Thailand mengharuskan pembuat makanan yang menjual merek nasional
juga wajib memasarkan merek murah, sehingga konsumen berpenghasilan rendah
dapat menemukan merek ekonomis di rak. Undang-undang bisnis diberlakukan untuk
sejumlah alasan, pertama, melindungi perusahaan dari perusahaan lainnya.
Undang-undang dikeluarkan untuk mendefinisikan dan mencegah persaingan tidak
sehat. Kedua, melindungi konsumen dari praktek bisnis. Beberapa perusahaan
membuat produk tidak bertanggung jawab yang akan merugikan konsumen. Perlu
adanya perlindungan dari Negara tersebut. Ketiga, melindungi kepentingan
masyarakat terhadap perilaku bisnis yang tidak terkendali. Peraturan dibuat
untuk memastikan bahwa perusahaan bertanggung jawab biaya sosial yang
ditimbulkan akibat proses produksi atau produk mereka.
Perubahan
Penegakan Hukum oleh Badan Pemerintah
Banyaknya
badan yang mengatur kebijakan dan peraturan dagang disetiap Negara, misalnya
Amerika sangat diperlukan perhatian penuh oleh eksekutif agar mengetahui kabar
terbaru dari peraturan tiap yang mengatur kebijakan.
Peningkatan
Tekanan terhadap Tindakan yang Bertanggung Jawab secara Etika dan Sosial
Selain
hukum dan peraturan tertulis, bisnis juga diatur oleh kode social dan peraturan
etika professional.
Perilaku
yang bertanggung jawab secara sosial
Perusahaan
yang bertanggung jawab mendorong para manajernya untuk melihat jauh di luar apa
yang diperbolehkan system peraturan dan hanya “melakukan hal yang benar”
perusahaan yang bertanggung jawab secara social ini mencari jalan keluar untuk
melindungi kepentingan jangka panjang konsumen mereka dan lingkungan. Banyaknya
kecerobohan yang akhir akhir ini terjadi membuat setiap perusahaan memiliki
kode etik serta mengembangkan kebijakan, pedoman, dan respon terhadap isu
tanggung jawab social yang kompleks.
Pemasaran
terkait Gerakan Amal
Banyaknya
perusahaan yang mengaitkan diri mereka dengan gerakan amal. Misalnya, dengan
membeli mixer merah muda di Kitchen
Aid berarti mendukung riset kanker payudara. Membayar pembelian dengan kartu
tagihan tertentu berarti anda telah memerangi kanker jantung. Pemasaran
terkait amal (cause-related marketing) menjadi bentuk utama sedekah perusahaan.
Pemasaran semacam ini memungkinkan perusahaan “bekerja dengan baik melalui
gerakan terpuji” dengan menghubungkan pembelian produk dengan amal terhadap
suatu kegiatan. Cara pemasaran ini menimbulkan sejumlah kontroversi, para
kritikus khawatir bahwa pemasaran terkait gerakan amal ini lebih merupakan
strategi pemasaran daripada strategi beramal. “yang berhubungan dengan gerakan
amal” sebenarnya merupakan pemasaran “eksploitasi amal” oleh karena itu
perusahaan yang menggunaka strategi ini biasanya dalam batasan tipis antara
penjualan yang meningkat dan citra yang lebih baik, atau menghadapi tuduhan
eksploitasi. Dilain sisi, cara ini juga menguntungkan perusahaan dan gerakan
amal. Perusahaan memperoleh alat pemasaran yang efektif sambil membangun citra
publik yang lebih positif. Gerakan amal meraih keberadaan yang semakin nyata
dan sumber dana penting yang baru.
Lingkungan
Budaya
Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan
lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat.
Karakteristik budaya berikut dapat mempengaruhi seseorang dalam pengambilan
keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan diadakannya.
1. Keteguhan
pada Nilai Budaya
Orang-orang
dalam masyarakat tertentu meyakini sebuah tata adat atau sering disebut dengan
kebudayaan yang terkandung banyak kepercayaan dan nilai. Kepercayaan dan nilai
mereka mempunyai keteguhan yang sangat tinggi.
2. Perubahan
dalam Nilai budaya sekunder
Meskipun
nilai-nilai inti yang ada dalam masyarakat sudah cukup teguh, tetapi
perkembangan zaman membawa nilai sekunder dapat berubah dengan seiring
perubahan-perubahan yang akan terjadi.
3. Pandangan
orang tentang diri mereka sendiri
Penilaian
orang mengenai pelayanan yang diberikan bagi diri mereka sendiri berbeda dengan
pelayanan bagi orang lain. Sejumlah orang mencari kesenangan pribadi, realisasi
diri, atau ekspresi diri yang dapat mempengaruhi penjualan produk (barang atau jasa)
sesuai dengan pandangan mereka.
4. Pandangan
orang tentang orang lain
Pandangan
orang terhadap orang lain dalam suatu budaya dapat mempengaruhi pola kehidupan
yang berlaku dalam suatu lini masyarakat. Pemasar harus dapat menilai perubahan
ini dengan objektif dan memanfaatkan peluang yang ada secara proaktif bukan
reaktif.
5. Pandangan
orang tentang organisasi
Berbagai
macam tipe orang dalam perusahaan memiliki beberapa tipe yang sama, salah
satunya adalah ingin bekerja atau masuk ke dalam organisasi yang besar dan
berdaya guna. Tetapi sikap karakter orang sangatlah berbeda-beda, seperti pada
loyalitas, kepuasan karyawan, pandangan mengenai outputperusahaan atau organisasi, dll. Pandangan ini yang harus
disadari oleh pemasar, tindakan apa saja yang akan diambil untuk menghadapi
peluang atau ancaman skeptis yang ada ini.
6. Pandangan
orang tentang masyarakat
Perilaku
orang terhadap masyarakat sangat beragam, orientasi orang terhadap masyarakat
mempengaruhi pola konsumsi dan perilaku mereka terhadap pasar.
7. Pandangan
orang tentang alam
Perilaku
orang terhadap alam juga sangat variatif, beberapa orang merasa diatur oleh
alam tetapi ada beberapa orang juga merasa hidup harmonis bersama alam dan
beberapa kelompok lain ingin untuk menaklukan alam. Meskipun demikian, perkembangan
terbaru memperlihatkan bahwa manusia menyadari bahwa alam adalah sesuatu yang
terbatas dan rapuh, bahwa alam bisa hancur atau rusak akibat aktivitas manusia.
8. Pandangan
orang tentang alam semesta
Asal
mula alam semesta dan tempat kita tinggal didalamnya juga menarik untuk
mempengaruhi pasar. Hal ini akan berhubungan kuat dan berpengaruh ke arah agama
yang dianut oleh beberapa orang. Pasar akan berubah sesuai dengan pandangan
orang mengenai bagaimana asal mulanya alam semesta dan kehidupan agama mereka.
Merespons
Lingkungan Pemasaran
Ada yang pernah
berkata, “Ada tiga macam perusahaan : perusahaan yang mewujudkan sesuatu,
perusahaan yang menonton sesuatu terjadi, dan perusahaan yang tidak tahu apa
yang terjadi.” Banyak perusahaan memandang lingkungan pemasaran sebagai elemen
yang tidak dapat dikendalikan dimana mereka hanya bisa untuk bereaksi dan
beradaptasi. Mereka secara pasif menerima lingkungan pemasaran dan tidak
berusaha mengubahnya. Mereka menganalisis kekuatan lingkungan dan merancang
strategi yang akan membantu perusahaan menghindari ancaman dan memanfaatkan
peluang yang diberikan lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar